Langsung ke konten utama

Memahami Lebih Dalam Apa Itu Technical Debt

             

Pengertian
Technical Debt adalah Hutang Teknis. Sebuah konsep pemrograman yang menerapkan ‘asal sistem jalan dulu sesegera mungkin’ dibanding sistem yang diterapkan secara baik dan benar dalam segi arsitektur, coding maupung testing sangat memungkinkan pada saat development terbentuk Technical Debt. Jadi Technical Debt bisa disebut pilihan yang kita tanggung untuk mencapai sebuah tujuan spesifik yang lebih cepat. Pilihan ini suatu saat harus dibayar pada saat project atau sistem sudah live atau berjalan.

Tipe-tipe Technical Debt:

Menurut tulisan yang dipublikasikan oleh Software Engineering Institute yang berjudul “Towards on Ontology of Terms of Technical Debt” ada 13 tipe, yaitu:
-       Architecture Debt
-       Build Debt
-       Code Debt
-       Defect Debt
-       Design Debt
-       Documentation Debt
-       Infrastructure Debt
-       People Debt
-       Process Debt
-       Requirement Debt
-       Service Debt
-       Test Automation Debt
-       Test Debt

Ciri-ciri suatu project atau sistem yang mengandung Technical Debt:

  1. Banyak Code Smells
  2. Kompleksitas tinggi namun tidak menggunakan design pattern
  3. Banyak Bugs yang dapat menyebabkan sistem crash
  4. Bermasalah dengan coding style atau tidak menerapkan clean code



Penyebab

Dalam implementasi suatu project, terkadang management menginginkan suatu sistem yang cepet ter deliver dan cepat live agar segera menghasilkan cuan. Itu jika dilihat dari sisi bisnis. Sedangkan sisi tech pasti menginginkan sistem yang berkualitas dengan minim bugs dan mudah di enhance jika ada penambahan fitur baru. Hal ini sangat bersebrangan. Tech team mungkin butuh waktu yang lebih jika ingin men-deliver project-nya secara baik dan benar. Jadi terkadang tech team mengabaikan ‘baik dan benar’ itu agar project cepat ter-deliver dan mengabaikan hal-hal penting yang sebenarnya harus diterapkan agar sistem mempunyai kualitas yang baik.

Penyebab Technical Debt:

  1. Deadline
    Sudah mendekati deadline dan tidak ada waktu untuk mendesain arsitektur yang sempurna dan melakukan banyak case untuk testing.
  2. Bad Design
    Desain sistem yang sudah buruk dari awal menyebabkan sulitnya penambahan fitur baru, dan jika bisa dilakukan pun akan menyebabkan masalah yang semakin kompleks.
  3. Poor skill
    Kurangnya keterampilan coding, kurangnya pelatihan dan pemahaman tentang coding dan design pattern, tidak adanya senior atau tech lead yang me-review setiap code yang dibuat akan menyebabkan Technical Debt.
  4. Tekanan untuk segera ter-deliver
    Manajemen projek dengan timeline yang singkat namun tidak seimbang dengan banyaknya task yang harus selesai menjadi salah satu penyebab terbesar adanya Technical Debt.
  5. Accelerate Velocity
    Dititik ini kita diharuskan mengambil keputusan antara memotong scope atau menambah waktu rilis suatu project. Tetapi manajemen tim biasanya menolak kedua opsi tersebut dan mengharuskan sistem berjalan dengan semua fitur dan dengan waktu yang sudah ditentukan. Disini dev team dituntut untuk mempercepat kecepatan untuk bisa mencapai release date. Dengan bekerja seperti ini, dev team akan dengan tidak sengaja melakukan Technical Debt. Mungkin desain sistem tidak akan sebagus yang semestinya, dan beberapa testing sistem tidak akan selengkap semestinya.
  6. Sedikit testing
    Mitos yang sering dijumpai bahwa memperbanyak testing adalah penambahan waktu. Dengan menguranginya kita dapat mempercepat velocity. Tetapi realitasnya tidak seperti itu, pengurangan testing justru menambah Technical Debt. Best practice nya adalah melakukan TDD (Test Driven Development).
  7. Technical Debt dibangun dari Technical Debt
    Technical Debt pada masa yang akan datang terbentuk dari Technical Debt saat ini yang dibiarkan. Hal ini dapat terjadi ketika kita tidak melakukan perbaikan apapun dan masalah menjadi kompleks.


Konsekuensi

Technical Debt jika dibiarkan suatu saat akan menjadi bom waktu. Bisa mengakibatkan turunnya performa sistem, sulitnya implementasi fitur baru, dan hal-hal negatif lainnya seperti:
  1. Titik Kritis tidak dapat di perdiksi
    Technical Debt tumbuh secara tidak terduga dan tidak linier. Satu Technical Debt ketika bergabung dengan Technical Debt yang lain jauh lebih beresiko. Pada titik tertentu Technical Debt yang tergabung itu dapat mencapai ‘Masa Kritis’, dimana produk menjadi tidak terkelola atau kacau. Pada titik kritis, perubahan atau penambahan fitur kecil pada produk dapat menjadi peluang ketidakpastian. Misal penambahan fitur baru yang dapat menyenggol sistem yang sudah ada dikarenakan code yg tidak terstruktur. Atau sistem yang tiba-tiba down dikarenakan perubahan beberapa bagian.
  2. Peningkatan waktu deliver
    Karena mengabaikan ‘baik dan benar’ saat membangun project atau menambahkan fitur, maka waktu deliver juga akan lebih singkat. Hal ini biasanya disukai oleh tim manajemen.
  3. Jumlah cacat yang signifikan
    Produk atau sistem dengan Technical Debt yang signifikan menjadi lebih kompleks dan membuatnya lebih sulit untuk di develop atau di maintenance.
  4. Naiknya biaya develop dan support
    Semakin banyak Technical Debt, semakin rumit proses developmentsupport dan maintenance. Sehingga lebih banyak memakan biaya.
  5. Development terhenti
    Ketika kita lebih memilih fixing Technical Debt dan menghentikan development, maka sistem akan menjadi kurang menarik bagi orang-orang yang berpotensi menjadi customer. Atau mereka yang sudah menggunakan produk atau sistem memilih beralh ke produk lain. Sehingga perlu manajemen Techincal Debt.
  6. Menurunnya kemampuan memprediksi
    Produk atau sistem dengan Technical Debt yang tinggi membuat semua kemungkinan prediksi menjadi tidak mungkin. Contohnya estimasi menjadi sulit bahkan untuk anggota tim yang sudah berpengalaman.
  7. Dibawah performa
    Ketika Technical Debt tinggi, maka dev team akan berada di bawah performa. Mereka akan sulit men develop fitur baru dan membutuhkan waktu yang labih.
  8. Membuat frustasi
    Technical Debt yang tinggi membuat dev team frustasi saat mengerjakan penambahan fitur atau perubahan, menyebabkan penambahan waktu pada timeline project dan membuat project manager juga frustasi. Ketika timeline membengkak maka manajemen tim pun akan terkena dampaknya dan menjadi ikut frustasi. Dan semua orang menjadi frustasi.
  9. Kepuasan customer menurun
    Kepuasan customer akan produk atau sistem kita menjadi menurun dan tingkat frustasi mereka bertambah. Jadi efek Technical Debt tidak hanya dirasakan oleh dev team, tetapi juga customer. Misal adanya bugs, atau fitur yang masih belum stabil dan menyusahkan customer.


Cara mengatasi


Technical Debt yang sudah terbentuk harus segera diatasi sebelum semakin kompleks dan menyebabkan banyak masalah. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan Technical Debt seperti:

  1. Identifikasi existing Technical Debt
    Mengidentifikasi Technical Debt dapat menggunakan tool seperti SonarQube. SonarQube membantu mengkategorikan Technical Debt seperti duplicationrule violation, code coverage, complexity, documentation dll dan menyediakan bentuk visual Technical Debt dan rencana untuk memperbaikinya. Metode lain dapat menggunakan SCALE (Software Quality Assessment based on Lifecycle Expectation) yang mengkategorikan hal-hal seperti changeability, maintainability, security, reliability, testability, efficiency, and portability. SCALE juga tersedia sebagai plugin di SonarQube.
  2. Klarifikasi sejelas mungkin mengenai sumber masalah yang menyebabkan Technical Debt termasuk tujuan bisnis, source code, testing, design dan infrastruktur.
  3. Analisa mana Technical Debt yang ringan atau yang berat. Yang membutuhakan waktu lama dan yang membutuhkan sedikit waktu. Prioritaskan yang memang lebih butuh untuk segera diperbaiki.
  4. Pilih solusi terbaik untuk setiap Technical Debteliminate, reduce, atau mitigate.
  5. Praktikan development yang dapat mengurangi Technical Debt seperti AgileAgile mengurangi cakupan yang akan di rilis dengan waktu yang sudah ditentukan sendiri oleh tim dev dibanding merilis sistem yang besar dengan fungsi yang banyak dan dengan estimasi waktu dari Project Manager. Dalam Agile kita dapat menyisipkan task-task kecil untuk mengurangi atau melakukan refactoring terhadap Technical Debt yang ada.
  6. Memonitor Technical Debt
    Setelah sedikit demi sedikit Technical Debt dikurangi, tetaplah lakukan monitoring. Apakah Technical Debt benar-benar berkurang atau malah menyebabkan Technical Debt yang lain. Pastikan juga perbaikan Technical Debt tidak mengganggu berjalannya sistem.



Waktu yang tepat untuk membayar Technical Debt

  1. Ketika menambahkan fitur
    Ketika menambahkan fitur baru dan fitur itu dibangun diatas Technical Debt, cobalah untuk mem-fixing Technical Debt nya terlebih dahulu kemudian tambahkan fitur baru yang lebih clean code dan tanpa Technical Debt. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus akan mengurangi Technical Debt yang ada.
    Jika kita tetap membangun fitur baru dan mengabaikan Technical Debt, ada kemungkinan fitur kita juga akan menjadi Technical Debt dan akan lebih menyusahkan untuk developer selanjutnya.
  2. Ketika bug fixing
    Bug fixing adalah saat yang tepat untuk clean code kode yang sudah ada. Ketika kita membetulkan bugs, sekalian merapihkan kode nya juga untuk mengurangi Technical Debt.
  3. Ketika Code Review
    Code Review sangat dibutuhkan untuk mereka yang baru di dunia coding. Dengan Code Review yang dilakukan oleh senior atau Tech Lead maka akan ditemukan kesalahan-kesalahan developer saat coding. Dan disini bisa menghilangkan hal-hal yang akan menyebabkan code menjadi Technical Debt.



Tidak semua Technical Debt harus dibayar

Ada kalanya Technical Debt lebih baik dibiarkan dari pada kita membersihkannya, namun hal ini jarang terjadi. Berikut adalah kondisi dimana Technical Debt tidak harus dihilangkan:
  1. Sistem atau project akan berakhir masa penggunaannya
    Sistem atau project yang akan berakhir masa penggunaannya lebih baik tidak dibersihkan Technical Debt nya. Karena akan memakan waktu dan biaya untuk hal yang juga tidak akan digunakan lagi. Misal, Project A akan digantikan oleh Project B dengan teknologi yang berbeda. Meskipun project A masih digunakan sampai pada saat project B live, lebih baik memastikan project B tidak mengandung Technical Debt daripada membereskan project A. Toh project A tidak akan digunakan lagi.

  2. Throwaway prototype
    Project atau sistem yang dibangun untuk tujuan knowledge-acquisition nilainya bukan pada code nya, melainkan pada fungsi-fungsi yang akan ditunjukan kepada user bagaimana nantinya project akan jadi. Prototype tidak digunakan untuk live di prod.
  3. Project dibangun untuk waktu yang sebentar
    Hal ini jarang terjadi, tetapi masih ada kemungkinannya. Jika kita membangun sistem atau project untuk waktu yang sebentar, Technical Debt tidak perlu dibayar.


Referensi:

[1] Kenneth S. Rubin. Essential Scrum, A Practical Guide To The Most Popular Agile Process
[2] Managing Technical Debt: Reducing Friction in Software Development https://learning.oreilly.com/library/view/managing-technical-debt/9780135646052/
[3] Product Management: Technical Debt https://www.productplan.com/glossary/technical-debt/
[4] Technical Debt Explained: The Complete Guide to Understanding and Dealing with Technical Debt https://www.bmc.com/blogs/technical-debt-explained-the-complete-guide-to-understanding-and-dealing-with-technical-debt/
[5] Apakakah bug bagian dari hutang teknis? https://qastack.id/software/207060/are-bugs-part-of-technical-debt



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe data dalam bahasa C (C Programming)

Hai.. ketemu lagi dengan saya di blog yang sederhana ini.. dalam kesempatan kali ini saya akan memposting tentang tipe data dalam bahasa C. yuk kita simak :) Tipe data adalah suatu pengenal (identifier) yang merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh k omputer. Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Jika 5 dan 2 bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 2, namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2.5000000. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif. Bahasa C menyediakan 5 macam tipe data dasar, yaitu 1. Tipe data integer yaitu bilangan bulat dideklarasikan dengan int . 2. Floating point yaitu bilangan pecahan dideklarasikan dengan float . 3. Double precision yaitu bilangan pecahan ketepatan ganda dideklarasikan dengan double . 4. karakter dideklaras

Kimia (Polimer)

A.    DEFINISI POLIMER DAN PEMBENTUKAN POLIMER 1.    Pengertian Polimer Polimer adalah suatu makromolekul yang terbentuk dari molekul-molekul sederhana yang kita sebut sabagai monomer. Monomer adalah bagian terkecil dari suatu polimer. 2.    Pembentukan Polimer Proses pembentukan polimer dari monomer-monomernya disebut polimerisasi. Reaksi polimerisasi adalah reaksi penggabungan beberapa monomer. a.    Reaksi Polimer Adisi Polimerisasi terjadi pada monomer yang memiliki ikatan rangkap. Adalah perkaitan langsung antarmonomer berdasarkan reaksi adisi. 1)    Pembentukan Polietilena (Polietena) Polietilena dibentuk oleh monomer-monomer etena. Etena diperoleh dari hasil perengkahan (cracking) minyak bumi atau gas bumi. Pembentukan polimer ini digambarkan sebagai berikut CH 2 =CH 2   +   CH 2 =CH 2    →    --CH 2 -- CH 2 -- CH 2 -- CH 2 -- →   ( --CH 2 -- CH 2 --) n 2 molekul monomer                     dimer                           

Apa itu using namespace std?

Assalamu’alaikum.. Hai teman-teman.. dalam posting kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang namespace std. using namespace std , perintah ini digunakan untuk mendeklarasikan/ memberitahukan kepada compiler bahwa kita akan menggunakan semua fungsi/class/file yang terdapat dalam namespace std. namespace sendiri memiliki kesamaan dengan paket pada bahasa Java yang berisi pengelompokan fungsi, class dan yang sejenis. Pada C++ library- library umumnya disimpan dalam namespace std, seperti perintah cin dan cout. Perbedaan penulisan apabila kita menggunakan namespace std atau tidak adalah : Tanpa using namespace std               std::cout << " Tanpa menggunakan namespace std " ;       std::cin >> pil; Menggunakan using namespace std      #include <iostream>      using namespace std;       int main()      {         cout << " Menggunakan namespace std ";         cin >> pil;         return 0;      } Na

MEMBACA DAN MENGIDENTIFIKASIKAN MOS,CMOS DAN FET

1)       Komponen MOS, CMOS dan FET diidentifikasi tipenya, rating operasinya .     MOSFET ( Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor ) MOSFET disebut juga Transistor Efek Medan Oksida Logam, hal ini karena pada Gate di isolasi dari saluran mayoritas pembawa muatan hal ini mengakibatkan arus Gate sangat kecil dan tidak dipengaruhi oleh Positif atau Negatifnya Gate tersebut. MOSFET sering juga disebut sebagai IGFET (Insulated Gate Field Effect Transistor) , mempunyai elektroda Source, Drain dan Gate . Bekerjanya MOSFET berbeda dengan JFET, pada MOSFET Gate/Gerbang di isolasi dari kanal sehingga dapat dioperasikan menggunakan tegangan positif (+), sedang pada JFET menggunakan tegangan negatif (-). Tegangan positif tersebut memeberi manfaat mempertinggi konduktifitas kanal. Makin positif tegangan gerbang, semakin besar konduktifitas dari Source ke Drain (Sumber ke Cerat). Keuntungan utama menggunakan FET adalah, impedansi Inputnya sangat tinggi dan menggun

Mengenal Tipe data dan Operator di VB .net (VB Programming)

Assalamu'alaikum.. pada tutorial kali ini saya ingin berbagi tentang tipe data danoperator yang digunakan dalam pemrograman Visual Basic. selamat menyimak.. :) Teori 2.1. Variabel Variabel   adalah pengalokasian tempat di memory komputer dengan type data tertentu dan datanya dapat diubah. Aturan pendefinisian variabel -           Harus dimulai dengan huruf -           Tidak boleh menggunakan spasi -           Tidak melebihi 255 karakter -           Untuk vb. Net tidak case sensitive (tidak membedakan huruf kecil dan besar -           Boleh menggunakan underscore Contoh penulisan variabel yang benar : -           Dim Dataku as integer -           Dim A4 as double -           Dim Alas_ruang as Boolean Contoh penulisan yang salah -           Dim 4data as Integer -           Dim Data   gambar as date 2.1.1 Ruang lingkup variabel Dalam pendefinisian variabel dikenal dua area yaitu variabel lokal dan variabel global. Variabel lokal adalah vari